Mewujudkan Rumah Sehat dengan 6 Aspek

By | November 22, 2018

Rumah termasuk ke dalam kebutuhan primer. Rumah sehat merupakan salah satu aspek hunian yang diinginkan oleh setiap manusia. Namun pada kenyataannya di Indonesia sendiri, keberadaan rumah yang sehat masih jauh bila dibandingkan dengan rumah tidak sehat atau rumah tidak layak huni.

Masyarakat secara mandiri bisa mengubah huniannya menjadi lebih sehat. Caranya dengan mengikuti enam aspek rumah sehat yang dijelaskan dalam infografis dibawah ini. Bila rumah anda telah memenuhi enam aspek tersebut berarti rumah anda sudah masuk ke dalam kategori rumah yang sehat dan anda pun sudah turut serta dalam pengurangan rumah tidak sehat.

1. Tata Letak

Tata bangunan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Tersedia rumah, sumber air bersih, tangki septik, taman, komposter, dan bak sampah.

2. Ventilasi Pengatur Udara dalam Ruangan

Lubang ventilasi minimal 1/9 luas lantai. Berfungsi kulur dan masuk udara bersih dan kotor. Ventilasi harus dibuat bersilangan.

3. Ventilasi Atap di Atas Genting

Jika terdapat sisi rumah yang memiliki udara yang kurang baik, maka ventilasi diletakkan pada bagian atap juga.

4. Ventilasi Atap pada Plafond

Panas matahari yang terkumpul pada rongga atap harus dapat dikeluarkan untuk mengurangi panas ke dalam ruangan.

5. Penerangan Buatan

Penggunaan kap lampu harus memungkinkan sudut cahaya 30o dari langit-langit.

6. Penerangan Alamiah

Letak rumah harus mempertimbangkan arah mata angin. Hindari sisi bangunan paling luas menghadap barat. Tempatkan ruangan tidur menghadap matahari pagi, sedangkan pada arah matahari sore, sebaiknya phon pelindung untuk mengurangi panas dan cahaya langsung.

Tinggalkan Balasan