5 Macam Sumber Air

By | November 21, 2018

Sumber air yang ada di dunia ini cukup beragam. Dan tentunya semua sumber air tersebut secara fungsional sangat membantu kehidupan manusia di dunia. Meski memang tidak semua air yang ada di sumber air tersebut sehat dan bisa dikonsumsi secara langsung. Toh, fungsi air tersebut beraneka ragam sesuai dengan jenis sumber airnya. Hal ini karena air merupakan zat yang vital dan penting bagi kehidupan manusia. Baik itu untuk menanam tanaman, menumbuhkan tanaman, berlayar, menggerakkan kincir, dan yang lainnya.

Menilik pada fungsi air yang sangat banyak tersebut, maka tidak serta merta kita bisa mengabaikan fungsi air untuk dikonsumsi. Artinya, penduduk bumi harus mengerti mana air bersih yang cocok untuk diminum dan memilih air yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. Namun sebelumnya, mari kita ketahui dulu sumber air apa saja yang ada di dunia ini.

Pertama, air laut
Sumber air yang pertama adalah air laut. Indonesia sendiri yang merupakan negara kepulauan juga dikelilingi oleh lautan, baik laut utara maupun selatan. Air ini ketika dirasakan akan asin karena mengandung NaCl. Kadar garam NaCl di laut mencapai 3% sehingga menjadi salah satu sumber air yang airnya tidak layak untuk diminum.

Kedua, air hujan
Pernahkah Anda bertanya, mengapa saat sabun batangan terkena air hujan maka sabun berubah menjadi sangat licin? Ya, air hujan mengandung zat lunak yang mudah sekali melunakkan sabun tersebut. Bahkan, tangan yang terkena air hujan dalam waktu cukup lama bisa membentuk kerutan yang unik. Selain itu, air hujan juga mengandung zat-zat yang bisa membuat benda menjadi mudah berkarat. Anda bisa membuktikannya melalui pipa yang digunakan untuk mengalirkan air hujan di rumah Anda.

Ketiga, air tanah
Air tanah seharusnya memiliki tekanan hidrostatik yang sama atau lebih besar dari tekanan atmosfer bumi.

Keempat, air permukaan
Air permukaan ini terletak di permukaan bumi. Saat dialirkan, air ini akan melewati beberapa proses yang membuat kandungannya tercemar dengan zat-zat berbahaya. Misalnya daun yang berguguran dan membusuk di air, pecahan bebatuan, lumpur, pasir, batang kayu yang membusuk, hingga bahan kimia dari limbah industri. Hubungan filter air dan 5 macam sumber air bagi kehidupan yang keempat ini sangat erat. Sebab jika Anda ingin mengonsumsi air permukaan, maka penyaringan sempurna menggunakan filter air Nicofilter misalnya, harus benar-benar dilakukan. Agar kandungan air menjadi lebih sehat dan terbebas dari bahan kimia serta sedimen air tersebut.

Kelima, mata air
Mata air biasanya ada di pegunungan. Lokasinya berada di bawah tanah dan lebih banyak tidak mendapat pengaruh dari musim yang sedang berkembang. Mata air ini juga ada yang difungsikan sebagai air minum kemasan setelah melalui proses penyaringan ketat.

Itulah informasi tentang hubungan filter air dan 5 macam sumber air bagi kehidupan manusia. Anda bisa menemukan mana air yang bisa dikonsumsi dan mana yang harus disaring dulu sebelum dikonsumsi secara sehat.

 

Cara Menjaga Kelestarian Air

Berikut ini adalah cara menjaga kelestarian air

1. Menghemat penggunaan air bersih.
2. Membuang sampah pada tempatnya.
3. Mengadakan pengolahan limbah secara benar.
4. Menjalankan reboisasi agar hutan tetap terjaga kelestariannya.
5. Mencegah penebangan pohon secara liar.
6. Mengadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya peranan air dalam kehidupan umat manusia.
7. Menghapus sistem penambangan secara liar tanpa mempertimbangkan keseimbangan ekosistem.
8. Membersihkan daerah sumber-sumber air bersih dari segala sampah.
9. Menciptakan suatu lingkungan yang asri, dengan di mulai dari lingkungan rumah kita sendiri.
10. Menjaga stabilitas ketersediaan air bersih di dalam tanah.

Untuk itu, lakukanlah perubahan sekecil apapun sejak dini demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa depan.

Tinggalkan Balasan